Selasa, 07 Maret 2017

Personality Development



          Personality development is the relatively enduring pattern of thoughts, feelings, and behaviors that distinguish individuals from one another. It is becoming a better version of your self.The dominant view in the field of personality psychology today holds that personality emerges early and continues to change in meaningful ways throughout the lifespan.Evidence from large-scale, long-term studies has supported this perspective.
 Nggak ngerti maksudnya apa? Hahaha, baiklah akan saya artikan kata demi kata.
Personality development adalah pola pemikiran yang abadi, perasaan, dan perilaku yang membedakan individu satu dengan yang lain. Hal ini menjadi versi yang lebih baik dari diri anda. Pandangan dominan di bidang psikologi, kepribadian hari ini menyatakan bahwa kepribadian muncul di awal dan terus berubah dalam cara yang berarti selama kehidupan. Bukti dari skala besar, studi dalam jangka panjang telah mendukung perspective ini. ( Maaf kalau ada salah kata dalam translate hehehe )

Okee guys orekorek-an sebelum masuk ke penjelasan yang lebih inti dari saya yaitu sang PENULIS, kita harus mengerti apa sih itu kepribadian? apakah ada manfaat dari mempelajari kepribadian itu sendiri?

1. Apasih itu kepribadian ?
 Kepribadian adalah keseluruhan cara seorang individu bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain.Kepribadian paling sering dideskripsikan dalam istilah sifat yang bisa diukur yang ditunjukkan oleh seseorang ( Sumber WikiPedia )

2. Apakah ada manfaat mempelajari kepribadian ? Pasti ada dong
- Mempermudah untuk mengenali karakter diri sendiri
- Dapat menjadi motivasi diri agar kedepannya lebih baik dari sebelumnya

Nah guys orekorek-an mungkin dari dasar-dasar diatas kita atau kalian semua yang membaca dari saya dapat membangkitkan energi energi untuk mempelajari suatu kepribadian dan dapat menganalisis diri sendiri dengan beberapa metode yaitu:
1. Metode Pra Ilmiah
2. Metode Semi Ilmiah
3. Metode Ilmiah
    
METODE PRA ILMIAH
Nah guys orekorek-an, di metode pra ilmiah ini terdapat beberapa masa tapi dari beberapa masa saya hanya memilih 2 aja yah guys
- Chirologi/Palmistry
- Astrologi 
- Grafologi
- Physiognomi
- Phrenology
- Onychologi
Disini penulis mengambil Astrologi & Grafologi
1. Astrologi
   Apasih astrologi itu?Astrologi itu menunjuk kepada yang mana pun di antara beberapa sistem pengetahuan untuk mengerti, dan menterjemahkan tentang kenyataan dan keberadaan manusiawi,berdasarkan posisi dan gerak-gerik relatif berbagai benda langit, terutama Matahari, Bulan, planet, dan lunar node seperti dilihat pada waktu dan tempat lahir atau lain peristiwa dipelajari. Banyak yang menhubungkan dengan beberapa zodiak zodiak yang ada.
          - Dengan penjelasan diatas mungkin saya akan menganalisis dari tanggal lahir dan bulan, baiklah guys                orekorek-an, saya lahir pada tanggal 09 September dan berarti saya memiliki zodiac VIRGO guys                karena zodiac VIRGO jatuh pada tanggal 23 Agustus sampai 22 September. Sifat & karakter virgo.              Virgo yang merupakan lambang dari kebijaksanaan, kebanyakan memiliki sifat pemalu, mereka guys              ternyata termasuk orang yang idealis,
Dari analisis tersebut banyak benarnya juga yah guys orekorek-an.
2. Grafologi
    Apasih grafologi itu? Grafologi adalah analisis pola tulisan tangan yang dapat mengidentifikasi kondisi psikologis maupun karakter dari seseorang. Secara umum, grafologi dikategorikan sebagai ilmu semu. Grafologi telah menjadi topik kontroversial selama lebih dari satu abad. Meskipun grafologi dianggap memiliki dampak dalam evaluasi kepribadian oleh para pendukungnya, secara empiris tidak dapat dibuktikan keabsahannya ( Sumber Wikipedia )


Nah guys orekorek-an, dapat kita simpulkan bahwa:
1. Arah kemiringan huruf ke kanan berarti = Ekspresif, Emosional ( Kalau saya emosionalnya ) hehe
2. Bentuk huruf huruf-huruf bersudut tajam berarti = Agresif , To the point, Energi kuat ( saya yang to the point nya )
3. Huruf-huruf bersambung atau tidak Lepas seluruhnya berarti = berpikir sebelum bertindak, cerdas, seksama ( Kayaknya ga ada deh hehehe )
4. Spasi antar kata Rapat berarti = tidak sabaran, percaya diri dan cepat bertindak ( saya yang tidak sabaran )
5. Arah tulisan pada kertas Tetap/lurus = perfeksionis, sulit bergaul

METODE MASA SEMI ILMIAH
 Nah guys orekorek-an, sampai di metode masa semi ilmiah kali ini saya akan memaparkan analisis dengan metode masa semi ilmiah. Menurut pendapat Hippocrates ( 460-370 SM ) Kepribadian dipengaruhi oleh cairan-cairan yang ada di dalam tubuh
- Sifat panas : sagius ( darah )
- Sifat basah : melanchole ( empedu hitam )
- Sifat kering : chole ( empedu kuning )
- Sifat dingin : phlegm ( lendir ) dan masih banyak lagi
Nah guys orekorek-an saya akan menganalisa diri saya sendiri dengan menggunakan darah/sagius
Berhubungan dengan darah golongan darah saya AB, golongan darah AB mempunyai beberapa sifat yang tidak diketahui :
1. Karakter mereka yang memiliki golongan darah AB sedikit sulit untuk ditebak. Mereka seolah memiliki dua kepribadian yang bertolak belakang. Di sisi lain mereka pemalu, namun di sisi lainnya mereka sangat terbuka dalam hal apapun.
2. Pendapatnya sering berubah-ubah dan pendiriannya kurang teguh.
3. Tenang dan tidak terlalu haus mencari perhatian sudah menjadi naluri Tipe Darah AB. Mereka senang belajar dari pengalaman orang lain. ( Itu saya banget )

METODE MASA ILMIAH
Nah guys orekorek-an sampai juga pada metode masa ilmiah dan ini yang terakhirrr (uyeeeeey), hahaha bercanda guys, pada masa ilmiah ini saya akan mengambil satu dari banyak pilihan teori. Teori yang saya pilih adalah TEORI SOCIAL LEARNING.
Yapss teori social learning / teori belajar sosial Albert Bandura. Albert Bandura sangat terkenal dengan teori pembelajaran social ( Social Learning Teory ) adalah salah satu konsep dalam aliran behaviorisme yang menekankan pada komponen kognitif dari fikiran, pemahaman dan evaluasi atau bisa juga belajar dengan meniru seseorang. Okay dengan contoh yang real/nyata saja yah guys. Dulu saya tidak kenal sama sekali dengan yang namanya Game Online, jujur saja saya Gamers, dulu yang tidak pandai sama sekali dengan game online sekarang jadi pandai gara gara meniru/belajar dari seseorang, dengan pencet ini itu akhirnya saya mengerti. Sama dengan teori social learning ini yaitu belajar dari sosial/lingkungan sekitar untuk mencapai suatu tujuan 

Mungkin ini saja yang dapat saya simpulkan lebih dan kurang mohon dimaafkan, saya lagi belajar juga untuk menjelasakan semua ini

0 Comment:

Posting Komentar

#KancutKecilku